Breaking News

Selasa, Desember 14, 2010

Cara Membuat Ebook

Apa itu Ebook ? Ebook singkatan dari electronic book yaitu buku yang berbentuk file / digital. Secara gampangnya, ebook adalah buku dalam bentuk file, kalau buku biasa dalam bentuk cetakan, maka ebook buku dalam bentuk file.
Pada awalnya, ketika saya baru belajar bisnis online, saya menganggap membuat ebook itu susah, hal ini saya lihat dari ebook yang saya dapat dan saya baca. Pikiran saya membuat ebook itu sama seperti membuat buku yang memerlukan ketrampilan khusus.
Tetapi setelah saya banyak membaca ebook, saya perhatikan banyak ebook yang sangat sederhana, cuma terdiri dari beberapa halaman, bahkan ada yang berbentuk tutorial. Tidak memerlukan ketrampilan khusus. Asalkan sudah bisa menulis, sudah bisa membuat Ebook 
Belajar dari membaca banyak ebook, akhirnya saya mencoba membuat ebook
Langkah-langkah yang diperlukan dalam membuat ebook adalah :

1. Tulisan : Tulisan biasa saja di word, tulisan bisa artikel atau bentuk lain. Kalau belum bisa nulis artikel, bisa ambil artikel orang lain di internet banyak sekali, kemudian di edit sedikit atau di modifikasi, atau kalau nggak bisa juga ambil saja tulisannya secara keseluruhan dengan catatan cantumkan nama penulisnya dan sumbernya.
2. Cover Ebook : Rasanya tidak lengkap jika ebook tidak disertai cover ebook, karena cover inilah yang menjadi daya tarik ebook tersebut, dan apabila kita promosikan maka cover ebook inilah yang dipromosikan. Untuk membuat cover ebook, menggunakan script pembuat cover ebook, silahkan cari di internet ketikkan di google kata cover ebook gratis, maka akan muncul banyak sekali situs yang menyediakan pembuatan cover ebook gratis, tinggal pilih sesuai selera. Pembuat cover ebook ini ada yang otomatis, tapi ada juga yang harus di edit di photoshop, tentunya anda harus bisa dulu memakai program photoshop.
3. Program PDF : Setelah dibuat di word, convert ke pdf, caranya mudah sekali, buka fle word kemudian pilih print, pilihan print nya adobe pdf, kemudian ok, maka jadilah file pdf anda. Tapi sebelumnya program pdf harus di install dulu dari Adobe Acrobat dan Adobe Reader untuk membacanya. Jika tidak punya program nya, silahkan download di Adobe.com gratis, atau bisa cari sama teman atau beli di toko komputer.
Setelah selesai ketiga langkah tersebut diatas, maka jadilah ebook anda yang keren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi Sempurnanya ^ ^

Designed By