Breaking News

Jumat, Desember 17, 2010

Cara Membuat Mesin Pencari (Search Engine) di blog

Tentu kita semua sudah tahu apa itu Search Engine, kalau belum tahu ade jelaskan search engine adalah mesin pencarian agar kita lebih mudah mencari judul ataupun kata2 yang berkenaan dengan blog kita.
Saat ini Search Engine tidak bisa dipisahkan dalam dunia internet. Dengan Search Engine kita bisa mencari tahu tentang suatu hal yang kita inginkan sesuai dengan keyword yang kita ketikkan, yang mau dibahas disini adalah bagaimana caranya membuat search engine di blogger . Caranya sangat mudah, yaitu:

Cara yang pertama :

dengan menuju
Tata Letak terus pilih Elemen Halaman kemudian disitu ada tulisan Tambah gadget klik link kotak Penelusuran (Baru) seperti gambar dibawah ini :



Cara yang kedua dengan cara manual yang biasa banyak dipakai oleh sobat-sobat Blogger, yaitu :

1. Login ke blogger terus klik Tata Letak terus pilih Elemen Halaman kemudian disitu ada tulisan Tambah gadget klik link tersebut dan sesuaikan dimana tempatnya menaruh search engine
2. kemudian pada layar baru yang muncul pilih HTML/Javascript kemudian copy/paste script/kode berikut ini di dalam kolom konten.
nama-blogmu.blogspot.com/search" method="get"> 30" type="text"/>

Ganti nama-blogmu dengan nama blog kamu contoh menjadi adesyams.blogspot.com. Angka 30 menunjukkan panjang kotak (text box) semakin banyak angkanya maka semakin panjang textbox-nya.
"Semoga Sukses"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi Sempurnanya ^ ^

Designed By