Breaking News

Selasa, April 24, 2012

Alarm Jembatan

Rangkaian Alarm Jembatan. Kadang-kadang suatu waktu kita memerlukan alarm, entah sekedar untuk membangunkan atau untuk sistem keamanan rumah. Karena ingin sesuai jadwal kerja/acara, terpaksa kita memakai alarm waktu supaya bisa bangun sesuai dengan yang diharapkan. Suatu saat pula di waktu kondisi keamanan mulai goyah, kita pun perlu alarm untuk antisipasi terhadap tindakan pencurian.
Rangkaian Alarm Jembatan yang  ditampilkan di sini hanya mempekerjakan empat komponen dan sounder piezo. Meskipun tidak menawarkan output yang paling kuat, kemungkinan memadai untuk berbagai aplikasi. Sebuah CMOS ganda IC pewaktu tipe 7556 digunakan untuk tujuan tersebut, dengan masing-masing dua bagian dikabelkan sebagai osilator astable sederhana. Perhatikan bahwa CMOS7556 dipasok oleh produsen yang berbeda, masing-masing menggunakan jenis awalan dan akhiran kode mereka sendiri .
Konfigurasi sirkuit yang digunakan di sini jarang terlihat, kemungkinan akibat ketidakmampuan osilator ini menjadi lebih dari ringan dimuat tanpa mengganggu waktunya. Namun, ini berguna untuk input logika impedansi tinggi, karena menyediakan cara sederhana untuk mendapatkan gelombang persegi dengan 1:01 ruang rasio yang ‘ortodoks’ konfigurasi tidak begitu mudah diberikan. IC1.A adalah osilator lambat yang diaktifkan ketika 4 pin reset diambil tinggi, dan menghambat ketika diambil rendah. Keluaran pin 5 dari IC1.A osilator pulsa audio IC1.B yang sama diaktifkan ketika pin reset 10 diambil tinggi, dan menghambat ketika diambil rendah.
Untuk menyederhanakan osilator IC1.B, X1 sounder piezo ganda berfungsi sebagai kapasitor waktu . Hal ini dimungkinkan karena sounder piezo pasif biasanya memiliki kapasitansi dari beberapa puluh nanofarads, meskipun ini mungkin sangat bervariasi. Sebagai nilai kapasitor-sounder dan pembuangan, maka nada akan dipancarkan. Nilai dari resistor R2 harus dipilih untuk mencari frekuensi resonan dari sounder piezo, dan dengan ini volume akan maksimum. Rangkaian AlarmJembatan beroperasi dari tegangan suplai antara 2 V dan 18 V. Sebuah output yang memuaskan akan diperoleh pada tegangan suplai yang relatif tinggi, tetapi tidak melebihi 18 V.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi Sempurnanya ^ ^

Designed By