Breaking News

Selasa, April 24, 2012

Kapasitansi Meter

Rangkaian Kapasitansi Meter. Sebuah kapasitor pasti mempunyai nilai kapasitansi. Kapasitansi adalah  kemampuan dari suatu kapasitor untuk dapat menampung muatan elektron untuk level tegangan tertentu. Adapun rumusnya dapat ditulis dengan :
Q = CV
Q = muatan elektron dalam C (coulombs)
C = nilai kapasitansi dalam F (farads)
V = besar tegangan dalam V (volt)
Guna mengetahui besarnya kapasitansi sebuah kondensator (kapasitor) digunakanlah alat ukur kapasitansimeter. Pada beberapa multimeter digital yang mahal biasanya sudah tersedia kapasitansimeter di dalamnya sehingga selain dapat digunakan untuk mengukur tahanan, arus, dan tegangan, juga dapat mengukur daya tampung. Namun kali ini kita akan mencoba sendiri membuat Rangkaian Kapasitansi Meter.


Daftar komponen :
R1 = 200K
R2 = 10K
R3 = 50K
R4 = 5K
C2 = 1uF
IC1 = LM2917
Lain-lain :
M1 = 10 Volt FSD
Catu daya = 15 Volt DC

Di atas kami tampilkan gambar skema Rangkaian Kapasitansi Metersederhana menggunakan IC LM2917. LM2917 adalah IC monolitik frekuensi gain tinggi ke konverter tegangan dari Semikonduktor Nasional. Meskipun aplikasi utama dari LM2917 adalah takometer, dapat juga digunakan untuk berbagai aplikasi seperti ini. Kapasitansi nilai dari 0.01uF ke 0.1uF dapat diukur dengan menggunakan rangkaian ini. Kapasitansi yang akan diukur dihubungkan antara pin 2 dari IC dan tanah. Tegangan output yang tersedia di seluruh resistor R2 akan sebanding dengan Cx dan akan ditampilkan oleh meteran. Resistor R1 dapat digunakan untuk mengkalibrasi rangkaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi Sempurnanya ^ ^

Designed By