Breaking News

Selasa, April 24, 2012

Pengaman Dompet

Rangkaian Pengaman Dompet. Rangkaian ini tertutup dalam sebuah kotak plastik kecil dapat ditempatkan ke dalam kantong, tas tangan atau dompet.
Di bawah ini bisa Anda lihat gambar Rangkaian Pengaman Dompet untuk dipelajari dan bahan praktek.
Gambar Skema Rangkaian Pengaman Dompet
Daftar Komponen :
R1____________330K   1/4W Resistor
R2____________100R   1/4W Resistor
C1_____________10nF   63V Polyester or Ceramic Capacitor
C2____________100µF   25V Electrolytic Capacitor
Q1____________BC547   45V 100mA NPN Transistor
Q2____________BC327   45V 800mA PNP Transistor
SW1____________Reed Switch and small magnet 
SPKR___________8 Ohm Loudspeaker 
B1_____________3V Battery (two A or AA cells wired in series etc.)
Cara Kerja Rangkaian :
Sebuah magnet kecil ditempatkan dekat dengan saklar buluh dan terhubung ke tangan atau pakaian dari orang yang membawa tas atau dompet dengan sarana kabel kecil. Jika tas atau dompet tiba-tiba disambar, magnet kehilangan kontak dengan saklar buluh, SW1 terbuka, sirkuit mulai berosilasi dan loudspeaker memancarkan suara alarm dengan keras. Perangkat dapat terhubung sebaliknya, yaitu kotak dapat ditempatkan di saku dan kabel yang terhubung ke tas atau dompet.
Perangkat ini sangat berguna dalam signaling pembukaan pintu atau jendela. Tempatkan kotak pada bingkai dan magnet pada bagian bergerak dengan cara magnet dan saklar buluh didekatkan  ketika pintu atau jendela tertutup. Sebuah transistor komplementer berupa pasangan kabel sebagai osilator efisiensi tinggi, langsung mengemudi pengeras suara kecil. Untuk catu daya menggunakan baterai 3 Volt, alat yang sangat kompak dan portabel.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda, hobbyist dan praktisi elektronika dalam mempraktekan ilmu atau keterampilan yang sedang Anda pelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi Sempurnanya ^ ^

Designed By