Breaking News

Rabu, Agustus 14, 2013

SUHU UDARA


2.2.1   Macam dan Faktor Variasi Suhu Udara
Suhu udara adalah adalah derajat panas atau dingin udara di atmosfer. Suhu udara dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan penyebarannya di muka bumi, yaitu sebaran suhu secara horisontal  dan vertikal. Sebaran suhu udara secara horizontal adalah sebaran suhu pada permukaan bumi yang mencakup pada lapisan atmosfer terbawah dan sesuai dengan lintang. Sebaran suhu udara secara vertical adalah sebaran suhu pada setiap lapisan atmosfer yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer dan eksosfer. Penyebaran suhu di muka bumi ini bervariasi. Variasi suhu dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:
a.                   Intensitas  penyinaran matahari dan variasi ketinggian
b.                   Distribusi tanah dan air
c.                   Arus laut
d.                  Angin
e.                   Tekanan udara
f.         Lintang

2.2.2   Variasi Suhu Udara Harian
Suhu memiliki variasi ketika siang hari maupun malam hari. Cahaya matahari ketika mualai terbit telah menghangatkan tanah dan menghangatkan udara dengan proses konduksi. Udara adalah konduktor yang buruk, sehingga ketika matahari semakin tinggi tanah yang panas akan menghangatkan udara diatasnya secara perlahan ke atas. Sinar matahari meningkat saat siang hari dan menerima radiasi lebih banyak sehingga mengakibatkan suhu udara lebih tinggi dari pada malam hari. Suhu udaraakan menurun ketika hari mulai gelap karena itensitas radiasi sinar matahari ke permukaan tanah menurun. Energi panas dari udara dipindahkan ke tanah secara perlahan karena udara memiliki konduktivitas lbih rendah dibandingkan tanah segingga tanah lebih cepat dingin. 
 

Gambar 2.1 Variasi Suhu dan Energi  Harian

Gambar 2.1 menjelaskan bahwa variasi suhu udara diatur oleh banyaknya energi dari matahari yang diterima dan dikeluarkan dari permukaan bumi. Garis orange menunjukkan jumlah energy yang dikeluarkan berawal dari jam 6 pagi hingga 6 sore. Garis merah dan biru merupakan suhu dan energu yang diterima udara yang titik minimumnya pada jam 6 pagi dan mencapai titik maksimum ketika jam 2 hingga jam 4 sore.

2.2.1   Data Suhu Udara
Rata-rata dari suhu terendah dan tertinggi pada waktu 24 jam merupakan nilai rata-rata suhu harian.  Rata-rata suhu bulanan terpanas dan terdingin di tempat yang berbeda dinamakan rentang suhu tahunan. Suhu rata-rata pada setiap stasiun untuk sepanjang tahun disebut suhu rata-rata tahunan.

2.2.2   Mengukur Suhu Udara 
Ada berbagai jenis thermometer, tergantung pada unsur atau medium yang dipakai, untuk mengukur perubahan suhu, yaitu thermometer air raksa dalam gelas, thermometer alkohol, thermometer listrik, termokopel, thermometer gas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi Sempurnanya ^ ^

Designed By