Breaking News

Minggu, November 14, 2021

FAKTA MENARIK PERTAMINA MANDALIKA INTERNATIONAL STREET CIRCUIT (SIRKUIT MANDALIKA)

Halloooo Sobat Youtube sekalian, Kembali lagi bersama If4n Channel yang selalu siap menghibur dan berbagi pengetahuan kepada anda semua. 
Sebelum itu, kami ingatkan untuk tekan tombol Subcribe & lonceng dibawah vidio ini agar tidak ketinggalan info-info menarik lainnya dari kami.

Kali ini kita akan membahas vidio menarik dari pembangunan Sirkuit Megah Terbaru Indonesia.




Ya, Siapa yang tak tahu dengan Sirkuit Mandalika yang dibangun dengan luas area mencapai 1.035,67 hektar &memiliki 17 tikungan. Sirkuit ini diusulkan pertama kali oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) demi meningkatkan potensi wisata di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia, Mandalika memiliki banyak keistimewaan dan beberafa fakta menarik untuk kita bahas. Langsung saja, Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang pembangunan Sirkuit Mandalika.

1. Terjadi Sengketa Tanah

Pembangunan Sirkuit Mandalika ternyata pernah diterpa beberapa masalah, salah satunya masalah sengketa lahan antara warga lokal dan International Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pemegang hak kawasan. Pemerintah Nusa Tenggara Barat (NTB) mencoba menjembatani masalah itu.
Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, mengungkapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) sejatinya tidak punya kuasa atas kawasan Sirkuit Mandalika, karena itu berada di bawah kendali ITDC. Namun Pemprov NTB berusaha menjadi penengah antara masyarakat dan ITDC.

Zulkieflimansyah mengungkapkan ketega]ngan antara masyarakat dan ITDC juga tercipta lantaran ada beberapa masyarakat yang bersikap oportunis. Mereka menaikkan harga tanah terlampau mahal dan itu jadi problem tersendiri.

Akan tetapi, pada praktiknya Zulkieflimansyah juga menemukan bahwa ITDC ternyata tidak memiliki dana untuk membeli tanah masyarakat. Alhasil, Pemprov NTB pun memberikan bantuan pinjaman dana, sehingga masalah lahan antara pemerintah dan ITDC ini akhirnya tuntas.

2. Sirkuit MotoGp Mandalika Telan Biaya hingga Rp1 Triliun

Advisor Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dandossi Mataram memaparkan bahwasanya biaya pembangunan didapatkan dari investasi yang digulirkan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Di mana untuk pembangunan track linenya saja diinvestasikan kurang lebih sebesar Rp 900 miliar, belum termasuk race control dan pit building yang diperkirakan membutuhkan sekitar Rp 200-300 miliar

3. Meraih 3 Rekor Muri

Dalam proses pembangunan sirkuit ini Muri mencatat 3 rekor. Pertama, pengaspalan menggunakan teknologi building information modelling (BIM) dengan volume terbanyak. Kedua, pembangunan sirkuit pertama standar Federation International de Motorcyclisme (FIM). Ketiga, lintasan sirkuit tercepat di Indonesia.

Selain meraih 3 rekor Muri, Sirkuit yang menjadi arena balap internasional ini juga disebut-sebut sebagai sirkuit terindah di dunia. Pasalnya, keberadaan sirkuit ini selain berada di bibir pantai dan dikelilingi bukit hijau juga dikelilingi kawasan wisata.

Wisatawan dapat berkunjung mulai dari Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Gerupuk, hingga ke Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende.

Jadi, wajar saja jika Sirkuit Mandalika ini akan menjadi kebanggaan bagi rakyat Indonesia dan sebuah destinasi wisata bagi para pembalap nasional maupun internasional.

4. Menggunakan Aspal Terbaik di Dunia

Sirkuit Mandalika disebut jauh lebih bagus daripada di Sirkuit Sepang Malaysia. Sirkuit ini menggunakan aspal terbaru Stone Matric Asphalt (SMA) dan disebut merupakan yang terbaik di dunia.

SMA merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Lapisan aspal ini diperuntukkan demi memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan agar tetap kuat dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan meski volume aspalnya sedikit.

Aspal jenis ini membuat jalanan lebih mulus, sehingga pembalap tidak mudah tergelincir saat kondisi hujan dan mengurangi risiko pembalap jatuh saat melintas di trek basah.

5. Masuk Kalender MotoGP 2022

Ya, MotoGP Indonesia akan berlangsung tahun 2022, sementara itu sebelum dilaksanakan MotoGP Indonesia akan dilaksanakan WSBK. WSBK Mandalika 2021 akan dimulai sejak Jumat, 19 November 2021 dengan sesi free prartice (FP1). Sepanjang 3 hari, akan digelar 2 race, yaitu balapan pertama pada Sabtu, 20 November 2021 pukul 15.00 WIB, dan balapan kedua Minggu, 21 November pukul 15.00 WIB.
Sementara itu berdasarkan kalender MotoGP, seri Indonesia akan berlangsung pada tanggal 18-20 Maret 2022 mendatang di Sirkuit Mandalika yang bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit. Kalender juga memasukkan sirkuit baru ini untuk menggelar test pra-musim pada 11-13 Februari 2022


6. Terjadi Insiden Unboxing Motor Ducati

Masyarakat Indonesia sempat dikejutkan dengan momen insiden tak terduga soal "unboxing" motor Ducati jelang perhelatan World Super Bike di Sirkuit Mandalika. Dalam video viral yang beredar terlihat ada salah satu oknum yang secara ilegal melakukan "unboxing" motor pembalap WBSK yang akan berlaga di Mandalika. 

Bahkan, pihak Ducati dikabarkan sempat meradang dan marah besar mengetahui insiden dibukanya boks kargo yang berisikan motor milik pembalapnya tersebut. Kemarahan itu terasa cukup wajar mengingat regulasi menjelaskan bahwa boks kargo dan logistik hanya boleh dibuka oleh pihak Bea Cukai maupun tim itu sendiri. Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah manipulasi dan spionasi dari pihak-pihak tertentu. Bahkan, tak sedikit publik tanah air yang sangat menyayangkan insiden tersebut lantaran bisa mencoreng nama Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara.

Terbaru, pernyataan resmi baru saja dirilis pihak Ducati yang mengisyaratkan bahwa berbagai pemberitaan yang ada pada media ternyata tidak benar. Melalui akun media sosial resminya, pihak Ducati menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah melontarkan pernyataan apapun soal insiden video unboxing di Sirkuit Mandalika. Pihak Ducati justru menyampaikan rasa ketidaksabarannya menanti untuk bisa melihat para penggemarnya di Indonesia.

"Ducati menjelaskan bahwa Paolo Ciabatti tidak pernah melayangkan pernyataan apapun soal event yang akan berlangsung di Mandalika Internasional Street Circuit," bunyi pernyataan pihak Ducati.

Pernyataan terbaru yang dilemparkan Ducati tersebut seakan menclearkan masalah isu panas yang sempat menghiasi linimasa soal insiden unboxing di sirkuit Mandalika. Terlepas dari hal itu, insiden tersebut diharapkan bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk tetap menaati aturan yang berlaku agar penyelenggaraan Superbike di Sirkuit Mandalika tidak tercoreng hal yang negatif.

Nah, Itulah beberapa fakta-fakta menarik dari Sirkuit Mandalika. Semoga sobat sekalian terhibur. Sampai jumpa lagi dividio berikutnya ya. trimakasih bye bye..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi Sempurnanya ^ ^

Designed By